BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Microsoft Excel
(MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja
elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan
saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung,
memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam
bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai
dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000
merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih
ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini
lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah
diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah
penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.
Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak
Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software
Microsoft ini.
Dalam makalah ini
kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya
dalam dunia pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel sangat berperan
penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi para calon guru.Contoh
bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan
misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa,merangking hasil
belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain –
lain. Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel
ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.Dengan
demikian pembaca dapat menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam
mempelajari Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Microsoft
Excel.
1.2 TUJUAN
1. Mengetahui
definisi dan fungsi Microsoft Excel
2. Mengetahui cara
menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar
3. Dapat
mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan
1.3 RUMUSAN MASALAH
1. Apa definisi dan
fungsi Microsoft Excel?
2. Bagaimana cara
menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar?
3. Bagaimana cara
mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan?
PEMBAHASAN
2.1 Definisi dan
Fungsi Microsoft Excel
Definisi Microsoft
Excel
Microsoft excel
adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu
menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data.
Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode-metode pembuatan
tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan
data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan
makalah pribadi.
Fungsi Microsoft
Excel
1. Kalkulasi, dengan
program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan
mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus
yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan
program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik
yang komunikatif.
3. Komunikasi,
dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna
(user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar
informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar
kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga
bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang
bersamaan pula.
4. Internet,suatu
saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik
pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa
melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan
Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita
ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung
melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali
mengalami perubahan.
6. Aplikasi,
Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap
pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
2.2 Cara Menggunakan
Microsoft Excel
A. Menu dan icon
pada Microsoft Excel
Gambar
1. Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
1. Judul
Menampilkan judul
program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang
aktif.
2. Office Button
Berisi barisan
perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan
mempublish dokumen.
3. Akses Cepat
Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana
yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi
dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan
tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin
bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut.
Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang
dimaksud.
6. Lembar Kerja
(Workbook)
Baris ini berisikan
informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol
pengendali.
7. Cell
Cell Aktif
Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B. Membuat dokumen
pengolah angka
Dari contoh
pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan
di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan
cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang
keguruan :
Gambar
2. Pengisian Daftar Nilai Siswa
C. Penerapan
Microsoft Excel
Microsoft Excel
dapat
Langkah-langkah
membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah
sebagai berikut:
1. Buat Judul dan
Sub Judul Laporan
Arahkan kursor pada
Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR
NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.
Kemudian ketikkan
sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan
diatas.
2. Penggunaan
alignment, format font dan format Cell
Untuk membuat Judul
Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1
kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge
Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
Gambar 3
Agar huruf pada
judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian
klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya
seperti underline atau italic.
Selanjutnya data
dapat dilengkapi seperti Gambar 2.
3. Penggunaan format
Tabel dan Cell
Microsoft Excel
menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti
memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan
kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan
style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat
melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak
menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti
contohnya pada Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri
dengan cara :
Gambar 4
Untuk membuat border
pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai
cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All
Border seperti pada tampilan dibawah ini.
Gambar
5
Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada tampilan dibawah ini.
Gambar 6
D. Macam-macam
formula
1. =SUM(…)
Fungsinya : Untuk
melakukan penjumlahan
Bentuk umum :
=SUM(range sel)
Contoh : Misalkan
kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan :
=SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan counter
Bentuk
umum : =COUNT(range sel)
Contoh : Misalkan
kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel
B15
Penulisan :
=COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya : Untuk
mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum :
=MAX(range sel)
Contoh : Misalkan
kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan
sel yang berada di
sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya : Untuk
mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum :
=MIN(range sel)
Contoh : Misalkan
kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada
di sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk
umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh : Misalkan
kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya : Untuk
mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi
bilangan mutlak (absolut)
Bentuk
umum : =ABS(range sel)
Contoh : Misalkan
kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan,
misal di sel F17
Penulisan :
=ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya : Untuk
menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk
umum : =SQRT(range sel)
Penulisan :
= SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk
mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau
salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum :
=IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh : Misalkan
kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17,
tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan
sbb.Jika nilai
rata-rata siswa lebih
besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya
jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang
dari 60, maka GAGAL
Keterangan
:
Jika
kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true,
jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9.
=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya :
Untuk menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à
26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya : Untuk
pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum :
=VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya : Untuk
pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk
umum :=HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk
mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk
umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh : Misal kita
akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3
huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à
hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya :Untuk
mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk
umum :=RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :Misal kita
akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3
huruf
Penulisan :=RIGHT(F17;3)
à
hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya : Untuk
mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter
tertentu
Bentuk
umum :=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh : Misal kita
akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dari
penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang bagaimana cara
mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan
demikian sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab
semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan – pertanyaan
yang berhubungan dengan Microsoft Excel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar